Update SEO Mei 2020: Poin-poin untuk Diperhatikan

Tepatnya tanggal 5 Mei 2020, melalui akun twitternya, Google mengumumkan telah memberlakukan pembaruan pada mesin pencari. Pembaruan ini disebut May 2020 Core Update.

Update SEO Mei 2020 semakin memperkuat pentingnya relevansi konten. Demikian pelaku SEO semakin dibutuhkan.
Core Update SEO Mei 2020

Ini merupakan pembaruan kedua di tahun 2020. Pada bulan Januari, Google juga melakukan pembaruan. Beberapa pihak menyebut pembaruan ini terkait dengan pandemi corona global. Meneketehe!

Relevansi Konten makin Kuat

Pembaruan inti (core update) ini semakin menguatkan pentingnya relevansi konten.

Google terus memantapkan layanan pencariannya dengan menampilkan postingan yang relevan (dibutuhkan) oleh pengguna.

Oleh karena itu, sebagai pelaku SEO atau penulis artikel, tentu pembaruan ini menyenangkan karena artikel yang tingkat keterbacaannya rendah atau bahkan tidak nyambung antara judul dan isi bisa “didepak” dari daftar hasil pencarian mesin Google.

Kita akan melihat beberapa artikel yang tidak relevan akan tersingkir, sementara artikel yang benar-benar relevan akan semakin menguat. Salah satu artikel namSlog yang semakin menguat bahkan menjadi Cuplika Pilihan adalah:

Update SEO Mei 2020: Relevansi Konten

Apa yang harus kita lakukan terkait Update SEO ini?

Sebagai penulis artikel, kita tetap melakukan dasar-dasar penulisan mulai dari riset pustaka, menentukan pikiran pokok, penunjang, dan seterusnya.

Terkait dengan pembaruan SEO 2020, berikut beberapa hal yang (semakin) harus kita perhatikan:

  1. Buat konten yang relevan untuk pembaca sasaran kita. Informasi apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh pembaca sasaran (target reader) kita?
  2. Lakukan riset untuk memperkaya isi postingan kita. Riset menjadi semakin memiliki posisinya. Setiap materi artikel kita sebaiknya memuat riset pustaka.
  3. Tetap ikuti setiap pembaruan karena ini menunjukkan keterampilan SEO kamu semakin dibutuhkan.

Demikian yang dapat kita lakukan merespon perubahan / update SEO Mei 2020.

Relevansi konten semakin menguat.