Nama Brand ini Ternyata Singkatan

Nama brand adalah identitas. Ia adalah pembeda satu produk dengan produk lainnya. Ternyata banyak juga nama brand yang sebenarnya berasal dari singkatan.

Penggunaan singkatan atau akronim untuk nama brand ini bukan saja membuatnya menjadi simpel ditulis, tetapi juga membantu untuk lebih mudah diingat.

Berikut ini adalah nama brand singkatan (atau akronim) yang bisa kamu jadikan rujukan ketika membuat nama brand untuk usaha kamu.

  1. Nabisco, adalah nama brand singkatan untuk National Biscuit Company, sebuah perusahaan produsen biskuit dari Amerika Serikat. Salah satu produk biskuitnya adalah Oreo. Di Indonesia, Nabisco tetap digunakan dengan nama perusahaan PT Nabisco Indonesia.
  2. Krisbow, sebuah nama brand yang sempat dikira berasal dari luar negeri. Padahal, krisbow adalah singkatan dari Krisnandi Wibowo – putra pendiri grup Kawan Lama – yang sudah terlebih dahulu terkenal di bisnis peralatan listrik. Krisbow kini menjadi nama brand untuk berbagai produk, baik sepatu pelindung, bohlam, peralatan tukang, dan lainnya. Sementara, berbeda dengan tokonya Ace hardware yang dikira merupakan singkatan, ternyata Ace bukanlah singkatan. Ace adalah kata yang digunakan oleh pendirinya untuk menggambarkan toko kami very personalThat’s why we say a visit to Ace, is like a visit to your neighbor.
  3. Fiat adalah kependekan untuk Fabbrica Italiana Automobili Torino – sebuah brand name untuk mobil. Dulu Fiat menjadi idola bagi sebagian masyarakat Indonesia, pada zamannya. Di lini otomotif, ternyata ada beberapa brand yang dibuat dari singkatannya, sebut saja VW (VolksWagen) yang berarti mobil rakyat, dan BMW (Bayernische Motor-Werken atau Bavarian Motor Works) dari Jerman.
  4. HP tentu banyak dari kita yang sudah mengenalnya. Ini bukan hape – telpon genggam ya, tetapi kependekan dari Hewlett-Packard – sebuah produk laptop / komputer. Di lini komputer juga ada brand yang menggunakan teknik singkatan seperti ini, seperti IBM (International Business Machines). Lenovo juga ada yang menyampaikan sebagai kependekan dari Le (legend) novo (new). Arti Lenovo sendiri dari bahasa aslinya diambil dari kata Liánxiǎng) yang berarti “association” (seperti pada “association of ideas“), “associative thinking“, atau “connected thinking“.
  5. Samator – merupakan merek dagang yang berasal dari singkatan untuk Samarinda Toraja. Perusahaan ini adalah pemain besar dalam industri gas di Indonesia.
  6. Ikea – mungkin belum banyak yang tahu bahwa Ikea merupakan kependekan dari nama pendirinya “Ingvar Kamprad”, lalu kata “Elmtaryd”, tempat di mana ia tumbuh, dan “Agunnaryd”, sebuah desa kecil di selatan Swedia.
  7. Fedex – perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini awalnya bernama “Federal Express” yang kemudian disingkat menjadi Fedex. Oia, di logonya ini ada tanda panah ya di antara huruf “E” dan “x”.

Demikian beberapa nama brand yang diambil dari singkatannya. Kamu juga bisa menggunakan teknik penamaan menggunakan singkatan ini untuk brand usaha kamu.