Slogan: Pengertian oleh Ahli, Fungsi, dan Contohnya

Slogan secara singkat dapat didefinisikan sebagai pernyataan singkat tentang sesuatu untuk tujuan memengaruhi (persuasif). Yang pasti, fungsi slogan adalah untuk memengaruhi.

Di dalam postingan kali ini, kita akan belajar tentang definisi slogan, fungsi, dan contoh-contoh slogan.

Definisi Slogan

Banyak literatur membahas tentang slogan. Beberapa menyebut slogan adalah bahasa yang digunakan di dalam dunia periklanan, beberapa yang lainnya menyebutkan bahwa slogan juga bisa digunakan untuk bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, dan bidang lainnya.

Perhatian. Slogan itu berbeda ya dengan tagline. Perbedaannya dimana?

Slogan itu berasal dari kata Gaelic Scotlandia “slaugh-ghairm” yang berarti “war cry” (seruan perang). Sementara, Alina Wheeler in Designing Brand Identity, mendefinisikan “A tagline is a short phrase that captures a company’s brand essence, personality, and positioning, and distinguishes the company from its competitors

Tagline adalah frase pendek yang menangkap inti, personalitas, dan penempatan merek perusahaan, dan yang membedakan perusahaan dari pesaingnya.

Slogan itu umumnya digunakan untuk menguatkan / menjelaskan posisi produk atau kampanye, , sementara tagline untuk menguatkan atau menjelaskan posisi brand (merek).

Jadi, satu perusahaan bisa memiliki beberapa slogan untuk setiap produk, kampanye, atau iklannya. Tetapi, untuk menguatkan brandnya, perusahaan menggunakan satu tagline. Tagline ini akan berubah ketika brand melakukan rebranding.

Kembali lagi ke pembahasan tentang pengertian slogan.

Di dalam Collinsdictionary, slogan didefinisikan sebagai berikut:

slogan is a short phrase that is easy to remember. Slogans are used in advertisements and by political parties and other organizations who want people to remember what they are saying or selling.

Slogan adalah frase singkat yang mudah diingat. Slogan digunakan di dalam periklanan dan oleh partai politik dan organisasi lainnya agar masyarakat mengingat apa yang mereka katakan atau jual.

Selanjutnya, di dalam ensiklopedia bisnis Enterpreneur.com

Slogan didefinisikan sebagai a catch phrase or small group of words that are combined in a special way to identify a product or company. Frase atau kelompok kecil kata yang menarik yang disusun sedemikian rupa untuk menandakan (mengindentifikasi) sebuah produk atau perusahaan.

Dari tiga rujukan tersebut di atas kita bisa menyimpulkan bahwa slogan itu adalah frase / pernyataan singkat yang bertujuan untuk memengaruhi orang, agar target market mengingat apa yang kita kampanyekan, apa yang kita jual, juga membangun identitas untuk produk atau perusahaan kita.

Fungsi Slogan

Dengan tetap merujuk ke beberapa definisi di atas, slogan memiliki fungsi:

  • Sebagai Seruan
  • Memengaruhi orang (pasar sasaran)
  • Membangun identitas kampanye / produk / perusahaan
  • Memposisikan produk

Contoh Slogan

Untuk pembahasan tentang contoh, kita bisa membaca postingan yang sebelumnya tentang Cara Membuat Slogan beserta Contoh